Pangdam III/Siliwangi Uji Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla dan Program Ketahanan Pangan Wilayah Kodim 0615/Kuningan

- 30 Juli 2020, 22:23 WIB
simulasi pemadaman karhutla

KUNINGAN, (DK). –

Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, menguji kesiapsiagaan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), serta meninjau pelaksanaan program Ketahanan Pangan di wilayah Kodim 0615/Kuningan.

Kamis (30/7/2020), Pangdam III/Siliwangi menyambangi Makodim 0615/Kuningan, di jalan RE Martadinata No. 97, Kecamatan Kuningan. Adapun agendanya, memonitor kesiapan personel dan simulasi penanganan kebakaran hutan. Kemudian, meninjau aset tanah milik TNI AD di Kabupaten Kuningan yang dijadikan lahan program Ketahanan Pangan. Dan, seraya menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, melakukan penyerahan hewan kurban.

Sebelum dilakukannya simulasi pemadaman kebakaran lahan, di lapangan sepakbola Makodim 0615/Kuningan, di Kelurahan Ciporang. Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi Karter Joyi Lumi, melaporkan kekuatan yang telah terbentuk untuk penanganan Karhutla di Kabupaten Kuningan. Yakni, terdiri dari, personel yang disiapkan TNI sebanyak 400 orang, Polri 400 orang, Perhutani 50 orang, BPBD 60 orang, TNGC 30 orang, Damkar 30 orang dan Relawan 200 orang.

Untuk pelatan dan perlengkapan teknis, dipersiapkan, pemadam portable penerangan 100 unit, pemadam pompa air penggerak dengan sepeda motor 30 unit, jet shooter, mesin sensor, dan alat-alat teknis pendukung pemadaman api yang lain.

Kepada awak media, Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, mengemukakan, bahwa pihaknya senantiasa mengingatkan kepada semua pihak, tentang bahaya karhutla. Serta, peningkatan kewaspadaaan yang harus dilaksanakan baik dengan upaya preventif/pencegahan, sampai pada penyiapan untuk penanggulangannya, dikarenakan hampir setiap tahun bencana ini terjadi.

“Semua tim yang terlibat dalam penanganan karhutla harus terlatih secara khusus. Maka dari itu, kami memantau kesiapsiagaannya,” tuturnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar dapat menjaga lingkungan hidup bersama-sama. Terutama, harus bisa menjaga kelestariannya dengan giat kebersihan, patuh dan taat pada peraturan di hutan/gunung—khususnya peringatan mencegah kebakaran. Serta, jangan sekali-kali melakukan tindakan yang dapat merusak keseimbangan alam, seperti berburu secara liar menangkap/mematikan hewan yang dilindungi, mencari madu hutan dengan cara pembakaran, dan sebagainya.

“Saya berpesan, jaga baik lingkungan hidup kita. Terlebih, Kabupaten Kuningan ini sungguh kaya akan sumber daya alam dan panoramanya, yang sangat potensial untuk menjadi kawasan pertanian, perikanan, peternakan, terutama pariwisata. Akan sangat disayangkan, jikalau sampai rusak oleh kesalahan ulah kita sendiri,” pesan Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto. (Erix)

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X