Kilas Sejarah Persib: Cara Melatih Coach Indra Thohir Ternyata Punya Kesamaan dengan Marek Janota

- 1 Agustus 2020, 16:53 WIB
LOGO Persib Bandung.* Wartawan PR/Pikiran-Rakyat.com /Pikiran Rakyat Media Network/Pikiran Rakyat

DIALEKTIKA KUNINGAN – Semua Bobotoh (massa pendukung Persib Bandung.Red) tentu tak asing mendengar nama pelatih Indra Thohir. Seorang pelatih yang dikenal dengan racikannya yang tegas, keras penuh disiplin. Dan, sempat membawa kejayaan Maung Bandung di masa lalu, membawa Persib juara Liga Indonesia edisi pertama 1994/95.

Ternyata, cara melatih dengan penekanan pada kekuatan fisik pemain secara disiplin, diterapkan pula oleh pelatih Persib Bandung di era tahun 1980-an. Yaitu, sama dengan gaya pelatihan dari Coach Marek Janota. Ialah, pelatih asing Persib asal Negara Polandia, yang berhasil menemukan bakat-bakat emas, seperti Robby Darwis, Adjat Sudrajat, Suryamin, Iwan Sunarya, hingga Bambang Sukowiyono, yang juga membawa keemasan Persib pada masanya.

Sebagaimana diberitakan Pikiran-Rakyat.com sebelumnya dalam artikel berjudul Persib dalam Sejarah: Persamaan Cara Melatih Marek Janota dan Indra Thohir.

Seperti yang tertulis dalam buku Persib Aing (2007), bahwa fokus melatih pada kekuatan fisik menjadi yang utama, kala Marek Janota meramu skuad Adjat Sudrajat dan kawan-kawan.

"Latihan ala Marek Janota benar-benar berat. Kita seperti sengaja diarahkan untuk kuat bermain kick and rush ala sepak bola Inggris yang tidak pernah berhenti berlari sepanjang 90 menit permainan," tutur Adjat.

Baca Juga: Pasca Menang Telak Uji Tanding Lawan Pesik U-17, Pelatih Persib U-18 Sebut Modal Berharga

Ungkap Adjat, tiap selesai latihan, saking beratnya ada saja pemain yang harus sampai jalan merangkak menuju bus.

Akan tetapi, sosok Marek Janota, disebutkan Adjat, meski sangat keras dalam pola pelatihannya, namun dia begitu perhatian kepada para pemain.

"Pemain sakit pasti diantarnya ke dokter. Dia (Janota) juga sering memberikan uang saku kepada pemain, dia bilang buat dibelikan susu, vitamin, daging, dan asupan sehat lainnya yang membuat sehat," kata Adjat.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X