Pemkab Kuningan Gencar Perbaiki Rutilahu

- 28 Juli 2020, 22:31 WIB
bupati kuningan tinjau rutilahu

KUNINGAN, (DK). –

Mengenaskan, jikalau melihat kondisi rumah milik Sarda, seorang pedagang cilok, yang beralamat di Desa Kramatwangi Blok Bakom RT 003 / RW 001, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan. Letak rumah tersebut berdekatan dengan bantaran Sungai Cisanggarung—sungai yang dikenal arus aliran airnya begitu deras. Hingga, mengikis bagian pondasi rumah Sarda, dan sebagian runtuh diterjang luapan air bah sungai.

Menerima laporan tentang hal itu, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH., langsung merespon cepat dengan meninjaunya bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kuningan Agus Mauludin, SE., Selasa (28/7/2020).

“Kondisi rumah Bapak Sarda sangat memprihatinkan dan sangat membahayakan penghuni rumah di karenakan kondisi rumahnya berdekatan dengan bantaran sungai Cisanggarung. Apalagi kondisi rumah tersebut bagian pondasi belakangnya sudah habis, sebagian runtuh akibat tanah yang longsor di karenakan luapan air sungai yang meninggi,” ungkap Bupati.

Kemudian, Bupati Kuningan menyarankan kepada Kepala Desa Kramatwangi, Sutardi, agar segera membuatkan rumah di tanah desa. Dan, pada rumah yang terletak di bantaran sungai tersebut akan dibuat pondasi untuk mengantisipasi terjadinya longsor.

“Karena di saat musim hujan, air sungai suka meluap,” jelas Acep Purnama.

Selepas itu, Bupati Kuningan beranjak menuju pembangunan rumah untuk salah satu warga di Desa Cihideung Girang. Yang ditinjaunya bersama Kepala BPBD, Camat Cidahu Rusmiadi, AP., S.Sos., M.Si., dan perang pemerintahan desa setempat.

"Alhamdulillah rumah ini terbangun meskipun belum selesai, ini adalah bentuk wujud ke gotong royongan dari kita semua,” tutur Acep.

Pemerintah Daerah dalam hal ini, dikemukakan Bupati Kuningan, memiliki kewenangan untuk membangun rutilahu. Bisa dalam bentuk rehab, maupun pembangunan baru. Rumah tersebut didirikan di tanah desa yang bersifat pinjam pakai. Ini adalah salah satu bentuk kepedulian pemerintah daerah untuk warga masyarakat Kabupaten Kuningan.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X