Cegah Karhutla, Babinsa Turut Pantau Kawasan Gunung Ciremai Selama Kemarau

- 28 Juli 2020, 20:26 WIB
babinsa cegah karhutla

KUNINGAN, (DK). –

Hutan dan lahan kering di Kabupaten Kuningan kerap dilanda bencana kebakaran bilamana tersengat panasnya musim kemarau setiap tahunnya. Sebab itu, sebagai upaya preventif mengantisipasi terjadi kebakaran lagi, unsur TNI pun turut bergerak aktif dalam memantau titik-titik lokasi rawan karhutla (kebakaran hutan dan lahan).

Seperti hal dilakukan oleh Serka Mulyadi, dirinya selaku Babinsa Koramil 1510/Cilimus Kodim 0615/ Kuningan hampir disetiap harinya memantau kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), khususnya di wilayah Lambosir. Di mana, desa tersebut merupakan desa binaannya, dan secara  administrasi wilayah Lambosir masih termasuk wilayah Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus.

“Sumber daya alam di Lambosir untuk pengelolaan dan pengawasan resminya yang bertugas adalah pihak Balai TNGC. Namun, meski demikian, bencana alam seperti kebakaran hutan dan lahan khususnya di Kabupaten Kuningan sudah menjadi tanggung jawab bersama dalam penanganannya,” ungkap Mulyadi, Selasa (28/7/2020).

Menurutnya, mengingat sejumlah wilayah di Kabupaten Kuningan bukan merupakan wilayah yang terbebas dari bahaya kebakaran hutan dan lahan, maka di saat musim kemarau seperti sekarang perlu upaya dan tindakan dalam mencegah dan mengantisipasi terjadinya bencana kebakaran.

Halaman:

Editor: Erix Exvrayanto


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X